Tuesday 19 September 2017

September 19, 2017
Foto Wakil Bupati menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman MOU

Penandatanganan nota kesepahaman MOU antara dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten mamasa dan denominasi Gereja di Mamasa yang berlangsung di ruangan Wakil Bupati Mamasa, Selasa (19/09/2017).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala dinas catatan sipil dan kependudukan Samuel B, Wakil Bupati Mamasa Bonggalangi, serta jajaran perwakilan denominasi Gereja di Mamasa.

Dasar perjanjian Nota kesepahaman MOU ini berdasarkan undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, undang-undang nomor 12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan republik indonesia serta beberapa undang-undang yang mengaturnya.

Dalam sambutannya wakil bupati Bonggalangi sekaligus menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman MOU mengapresiasi kegiatan ini ketika dilaksanakan dengan tulus guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, utamanya denominasi gereja di mamasa.

Sejalan dengan itu Samuel B selaku Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan menjelaskan bahwa sasaran nota kesepahaman ini guna meningkatkan pelayanan dan mencapai target nasional dalam kepemilikan akte pernikahan dan juga pelaporan setiap warga yang meninggal.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan adanya nota kesepahaman ini untuk memperlancar terwujudnya pelayanan yang lebih baik serta riilnya data penduduk yang ada di kabupaten Mamasa.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu pemberkatan perkawinan dan penyiapan/ penyerahan berkas perkawinan dan kematian dapat secara perorangan atau kolektif dari pemuka agama, menerima dokumen perkawinan dan kematian dalam rangka pencatatan dan penertiban akta perkawinan bagi suami istri dan penertiban akta kematian bagi masyarakat yang membutuhkan.

harapan masyarakat dengan adanya nota kesepahaman ini menjadi salah satu terobos Pemda Mamasa dalam meningkatkan kualitas pelayanan utamanya di Dinas  Catatan Sipil dan Kependudukan.

Kristian Parangka

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Info Peliputan Wa 082 393 293 308 (Kristian Parangka)

Kasus Pembunuhan Anak Kepada Orang Tua di Tanete Batu,Sumarorong, Kapolres Datangi TKP

jejaksulbar- MAMASA - Kapolres Mamasa Akbp Muhammad Amiruddin S.I.K beserta rombongan, Monitoring terhadap kasus pembunuhan pasutri oleh...